MEDIAOTO | 2 bulan yang lalu

Toyota Bukukan 2.540 SPK di IIMS 2024, Ini Mobil Terlarisnya

MediaOTO, Jakarta - Keikutsertaan Toyota di IIMS 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari 2024 lalu berbuah manis. Di mana Toyota berhasil mengumpulkan total 2.540 SPK di ajang itu, sekaligus naik 30% dari pencapaian di IIMS tahun sebelumnya, yang mencatatkan SPK sebesar 1.947 unit.

Meningkatkan jumlah SPK Toyota di IIMS tahun ini tak lepas dari dukungan penjualan produk elektrifikasi (xEV) mereka. Di mana Toyota Kijang Innova Zenix HEV tercatat dipesan sebanyak 411 SPK atau berkontribusi sebesar 16,2%.

Disusul Toyota Avanza dengan 380 SPK (15%) menempati posisi ke-2, lalu Yaris Cross HEV di posisi ke-3 dengan 217 SPK (8,5%). Veloz dengan 190 SPK (7,5%) dan Kijang Innova Zenix Gasoline dengan 180 SPK (7,1%) kemudian menyusul di posisi ke-4 dan ke-5.

“Dengan Multi Pathway Strategy, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin diterima semua segmen masyarakat, mulai dari kebanggaan lokal Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV, hingga All New Vellfire HEV yang launching di gelaran ini,” jelas Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Henry menambahkan, "Raihan SPK Toyota di ajang IIMS 2024 naik sekitar 30% dari IIMS 2023. Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara".

Kehadiran lini produk elektrik Toyota pun sempat dilirik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat opening ceremony IIMS 2024. Yaris Cross HEV siap menjadi kekuatan baru kendaraan elektrifikasi Toyota dengan 217 SPK.

Cross SUV produksi anak bangsa itu menggunakan hybrid powertrain yang 40%-50% lebih efisien dari kendaraan bermesin bakar konvernsional dengan konsumsi bensin mencapai 31 km/liter, yang juga berarti emisinya sangat rendah mengingat mesin bensin kian jarang beroperasi.

spk toyota di iims 2024

Bila mengacu pada data penjualan xEV Toyota di IIMS 2024, selain Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV. All New Vellfire HEV langsung mencatatkan penjualan dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK.

Bila ditotal bersama dengan lini produk HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30% dari total SPK Toyota. Hal itu juga berarti meningkat 5 kali lipat dari SPK xEV Toyota di IIMS tahun lalu di angka 150 SPK.

Tak sebatas menuai penjualan positif di IIMS 2024, Toyota juga diganjar sejumlah penghargaan bergengsi yang meliputi:

  • Best Medium MPV : Kijang Innova Zenix

  • Best Premium MPV : All New Vellfire HEV

  • Best Hatchback : GR Corolla

  • Best Commercial Vehicle : Hilux Rangga

“Komitmen Toyota untuk menghadirkan Total Mobility Solution yang sesuai kemampuan pelanggan beserta ekosistem pendukung yang lengkap dan terpercaya, diyakini mampu memaksimalkan kepuasan pelanggan sehingga meningkatkan loyalitas kepada mobility solution Toyota,” tambah Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga : Produk yang Kena Recall Toyota di Tahun 2024

Menurut Anton, "Sejalan kampanye IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi kendaraan elektrifikasi di masa depan guna mendukung partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk mencapai netralitas karbon dan menghadirkan ever-better cars".

Berita Terkait