MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Segera Meluncur, Chery Omoda E5 Mulai PDKT ke Pemerintahan di Indonesia

MediaOTO, Jakarta - Chery Omoda E5 bakal segera mengaspal di Tanah Air pada Februari 2024 mendatang, dan Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan mobil elektrik teranyar tersebut.

Mengusung tagline ‘Drive E-Future’, Omoda E5 menjadi wujud komitmen Chery dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 mendatang. Mobil yang memiliki julukan “E-Future Ranger” tersebut diklaim pabrikan sebagai 'penjaga' masa depan yang berkelanjutan.

"Chery berkomitmen mendukung usaha pemerintah Indonesia mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dengan menghadirkan kendaraan listrik murni, Chery Omoda E5. Chery melihat investasi dan pengembangan di Indonesia sebagai peluang untuk memajukan industri otomotif di negeri ini, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perusahaan otomotif di Indonesia," ujar Rifkie Setiawan Head of Brand Departemen PT Chery Sales Indonesia.

Rifkie menambahkan bahwa dalam usaha mendukung program pemerintah, CSI patuh kepada aturan yang diberlakukan dalam industri kendaraan listrik di Indonesia, termasuk mengikuti aturan minimum 40% untuk Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Untuk lebih mengedukasi produk ini, Chery Indonesia beberapa waktu lalu menyambangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Tujuannya untuk mengenalkan Chery Omoda E5 kepada para pejabat kementerian dan jajarannya.

Diwakili oleh Wang Peng, Vice President PT Chery Sales Indonesia dan Ari Novi Wardana, Government Relations and Homologation Manager, CSI bertemu dengan M. Firdausi Manti, Asisten Deputi Industri Maritim dan Transportasi serta Arianto Wibowo, Koordinator Manufaktur dan Kendaraan Listrik di Industri Transportasi. Dalam pertemuan tersebut, Firdausi dan Arianto juga berkesempatan mengendarai Chery Omoda E5.

Setelah melakukan uji kendara, Firdaus maupun Arianto tegas menyampaikan apresiasi mereka terhadap teknologi yang tersemat di Omoda E5. Keduanya meyakini bahwa Chery Omoda 5 mampu mendukung visi Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau.

Chery Omoda E5 saat uji jalan di Indonesia (dok CSI)

Chery Omoda E5 saat uji jalan di Indonesia (dok CSI)

"Senang sekali mengetahui rekan-rekan di Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi memberikan apresiasi kepada Mobil Baru Chery Omoda E5. Mendengar langsung respon positif mengenai Chery Omoda E5 dari para perwakilan pemerintah membuat kami semakin optimistis menghadapi persaingan pasar. Komitmen kami untuk mendukung usaha pemerintah Indonesia mewujudkan Net Zero Emission (NZE) akan terus berlanjut dengan menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan," pungkas Rifkie.

Sekadar informasi, Omoda E5 dibekali mesin berdaya 150 kW dan baterai berkapasitas 61,06 kWh. Menurut pengujian WLTP (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure) dalam sekali pengisian baterai penuh, mobil ini mampu melaju sejauh 430 kilometer.

Sementara menurut pengujian NEDC (New European Driving Cycle) dalam sekalian pengisian daya penuh, Chery Omoda E5 mampu melaju sejauh 505 kilometer. Torehan di atas bukan tanpa alasan, mengingat SUV ini sudah dibekali dengan Eco Mode untuk mengoptimalkan efisiensi energi.

Baca Juga : Chery Tiggo 5X, Rival HR-V dan Sonet Berbanderol Rp 200 Jutaan

Chery OMODA E5 memiliki sumber energi baterai yang aman dan efisien, karena menggunakan jenis Lithium Ferrous Phosphate (LFP). Bahan katoda dalam baterai LFP tidak berbahaya, dan dipastikan tidak menimbulkan bahaya kesehatan dan juga lingkungan.

Penggunaan baterai jenis LFP tersebut lebih aman, karena tahan panas dan tidak mudah meledak serta memiliki durabilitas yang lebih panjang.

Berita Terkait