MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Rekomendasi Dekorasi Rumah Saat Tahun Baru Imlek

MediaOTO, Jakarta - Jelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu (10/2/2024), tentunya sangat ditunggu masyarakat Tionghoa di Indonesia. Jelang penggantian tahun di kalender Cina, tentu membutuhkan persiapan termasuk dekorasi rumah.

Terlebih Tahun Naga Kayu identik dengan penuh energi, semangat, tekad yang kuat, dan juga melambangkan kreativitas. Oleh karena itu, sebaiknya urusan dekorasi rumah jelang Tahun Baru Imlek menggunakan elemen-elemen di atas.

Selayaknya perayaan hari besar pada umumnya di Indonesia, umumnya masyarakat Tionghoa bakal disibukkan dengan berbagai persiapan. Salah satu diantaranya ialah memilih pernak-pernik Imlek untuk menghias rumah.

Bagi Sahabat MediaOTO yang masih bingung mencari pernak-pernik Imlek, berikut ini kami memberikan sejumlah rekomendasi dekorasi rumah yang wajib ada saat perayaan pergantian Tahun Baru Imlek.

1. Dekorasi Rumah Menggunakan Unsur Warna Merah dan Emas

dekorasi rumah di tahun baru Imlek

Urusan dekorasi rumah saat Tahun Baru Imlek, sebaiknya Sahabat menggunakan unsur-unsur berkelir merah dan emas. Pada sejumlah bagian rumah, salah satunya mungkin bisa diaplikasikan di ruang tamu.

Dekorasi ruang tamu dapat dilakukan dengan cara mengganti sarung bantal sofa, mengganti taplak meja, mengganti karpet hingga mengganti warna gorden.

2. Memajang Pohon Uang

Tak kalah penting yang wajib ada urusan dekorasi rumah pada Tahun Baru Imlek ialah hadirnya pohon uang sebagai simbol. Umumnya kebanyakan orang menggunakan pohon sakura buatan berkelir pink.

Pohon uang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, karena biasanya ditempatkan di sebuah meja. Biasanya letaknya di meja ruang tamu, dan cukup dihiasi dengan beberapa angpao, hiasan Imlek sederhana, hingga ucapan Imlek.

3. Pernak-Pernik Angpao

dekorasi rumah imlek

Nah.. Jika membahas mengenai Tahun Baru Imlek, tentu tak lepas dari angpao yang bisa dibilang menjadi simbol bagi masyarakat pada umumnya. Angpao merupakan amplop merah kecil untuk diisi uang yang biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah.

Buat Anda yang bosan dengan bentuk dan desain angpao yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk membuat kreasi secara mandiri.

4. Memasang Lampion

Bagi kebanyakan masyarakat Tionghoa di Indonesia, biasanya menghiasi rumah dengan lampion. Umumnya tak sebatas bertuliskan harapan dan doa, lampion juga akan berisi gambar-gambar yang meriah seperti naga dan bunga.

5. Pohon Mei Hua

Banyak orang merayakan Tahun Baru Imlek dengan hiasan Pohon Mei Hua. Pohon Mei Hua ini biasanya akan dilengkapi dengan berbagai hiasan tambahan, seperti amplop merah, lampion-lampion kecil, dan gambar-gambar yang mendeskripsikan tahun tersebut.

Berita Terkait