MEDIAOTO | 2 bulan yang lalu

Percaya Diri Bangun Pabrik di RI, Penjualan Citroen di Prancis Kurang Greget!

MediaOTO, Jakarta - Isu mengenai rencana Citroen untuk memulai produksi kendaraan di Indonesia berhembus kencang saat ini. Padahal jika mengacu pada data penjualan Citroen, sejatinya jenama asal Prancis tersebut tak semoncer pabrikan mobil Eropa lainnya.

Bahkan di negeri asalnya sendiri, merek Citroen sendiri tidak terlalu besar di Prancis alias bukan mobil terlaris. Pertanyaannya, dengan berinvestasi di Indonesia melalui perakitan secara lokal, apakah Citroen bisa laris di pasar nasional?

Kabar mengenai rencana Citroen (via Grup Stellantis) diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin. Ia menjelaskan bahwa pabrikan asal Prancis itu bakal mulai memproduksi kendaraan di Indonesia.

“Citroen akan hadir sebagai pemain baru di industri otomotif Indonesia pada pertengahan tahun ini (Juni) nanti. Dan mulai berproduksi (di Indonesia) pada Juli (2024),” ujar Kaimuddin beberapa waktu lalu.

Kembali membahas penjualan Citroen, seperti pencapaiannya di Prancis. Penjualan Citroen di Indonesia sendiri tak berkontribusi besar, bahkan secara volume jauh di bawah pabrikan mobil Eropa lainnya.

Bila mengacu pada data Asosiasi Pabrikan Mobil Prancis (France PFA), penjualan Citroen hanya berada di urutan empat besar dari total penjualan mobil di Prancis sepanjang periode Januari-Februari 2024. Secara total penjualannya sebesar 21.750 unit di dua bulan awal 2024.

Penjualan Citroen

Penjualannya masih di bawah Peugeot yang sukses merajai penjualan mobil di Negeri Anggur tersebut dengan total penjualan 42.632 unit. Bahkan jika dibandingkan penjualan Renault yang menempati posisi kedua dengan penjualan terbanyak, angka yang diraih Citroen masih belum sanggup melampaui kedua merek tersebut.

Renault berhasil terjual sebanyak 35.145 unit mobil di bulan Januari-Februari 2024. Sedangkan pada posisi ketiga, dihuni oleh Dacia yang merupakan produsen kendaraan asal Rumania, yang sukses menjualan 25.657 unit di dua bulan awal tahun ini.

Sekadar informasi, pada periode Januari-Februari 2024 PFA merilis penjualan mobil (seluruh jenis maupun kategori dari berbagai merek) sebesar 264.881 unit. Torehan itu mengalami pertumbuhan sebesar 11,2 persen, bila dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 lalu.

Berita Terkait