MEDIAOTO | 2 bulan yang lalu

Kupas Tuntas Teknologi E-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain BYD, Benarkah Canggih?

MediaOTO, Jakarta - Lini produk BYD (Build Your Dreams) dilengkapi dengan beragam teknologi canggih. Sejalan dengan keseriusannya menggarap pasar mobil listrik di Indonesia, BYD juga turut membangun ekosistem energi tanpa emisi.

Upaya yang dilakukan BYD Indonesia melalui inovasi e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain yang tersedia di seluruh produk BYD untuk pasar nasional. Seperti diketahui, BYD memboyong tiga produk yang mengisi segmen electric vehicle (EV).

Ketiga produk itu antara lain BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan juga BYD Seal. Seluruh produk itu diklaim pabrikan menawarkan teknologi yang revolusioner.

“Teknologi revolusioner BYD yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif,” jelas Chief Advisor BYD Japan Tatsuya Mikami.

Lalu kira-kira apa saja keunggulan yang ditawarkan e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain? Untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Menilik e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain BYD

mengenal teknologi e-platform dan 8-in-1 powertrain BYD

Membahas lebih mendalam mengenai teknologi e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain BYD. Hal pertama yang MediaOTO akan kupas ialah penggunaan platform canggih yang diklaim berteknologi tinggi.

Penggunaan huruf 'E' di depan kata platform, melambangkan koneksi elektrik pada platform seluruh lini produk BYD. Sementara untuk 3.0 dibelakangnya, diklaim pabrikan karena terintegrasi dengan blade battery.

Kelebihan yang ditawarkan oleh e-platform 3.0, karena platform mobil BYD dirancang ekslusif untuk menjamin keamanan mobil listrik, lantaran blade battery dipasang menempel dengan bodi. Dampaknya mampu memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi kendaraan.

Keamanan e-platform 3.0 tersebut ditopang oleh estetika bodi mobil yang dirancang lebih rendah dan basis roda yang dibuat lebih panjang.

"Dari segi efisiensi, e-platform 3.0 memiliki sistem tenaga listrik efisiensi tinggi 8-in-1 pertama di dunia yang mencapai 89% sehingga berat kendaraan lebih ringan," tambah Tatsuya.

Sejumlah teknologi canggih yang tersedia di BYD tersebut, tak lepas dari perjalanan pabrikan dalam melakukan penelitian, pengembangan, dan manufaktur kendaraan listrik. Hal itu tertuang dari desain yang tepat dan modularitas, yang membuat BYD memiliki fleksibilitas untuk berbagai tata letak baik penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak empat roda.

Sedangkan mengupas teknologi 8-in-1 powertrain BYD termasuk dengan BMS, vehicle control unit (VCU), inverter, power distribution unit (PDU), on board charger (OBC) yang digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain.

Baca juga : BYD Resmi Umumkan Harga 3 Produk Untuk Indonesia

Pabrikan melakukan pemisahan terhadap komponen yang terpasang di seluruh perangkat, kecuali gearbox dan e-motor. Keunggulan 8-in-1 powertrain, menawarkan ukuran yang efisien dengan ruang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan tentu mampu menekan biaya.

Berita Terkait