MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Jangan Asal, Pemasangan Kaca Film Harus Oleh Ahlinya

MediaOTO, Jakarta - Pemasangan kaca film mobil bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang menembus kaca mobil Anda. Nah.. Jika pemasangan kaca film tidak tepat, dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga keamanan ketika mengemudi.

Pemasangan kaca film yang tepat pada kendaraan, mampu mengurangi intensitas cahaya ke kabin. Dampaknya tentu membuat suhu kabin tetap adem, dan kinerja AC tidak akan berat.

Di sisi lain penggunaan kaca film sendiri berfungsi untuk meningkatkan privasi, serta meminimalkan risiko kecelakaan serta menjaga keamanan pengemudi maupun penumpang.

Pun begitu, pemasangan kaca film memiliki kesulitan dalam proses instalasinya. Kalau pemasangannya tidak benar, berpotensi menurunkan visibilitas berkendara dan tentu tidak direkomendasikan oleh pabrikan.

Pada dasarnya pemasangan kaca film harus dilakukan oleh seorang yang sudah berpengalaman. Karena berpotensi merusak kaca film dan komponen lain kendaraan.

Apalagi mobil modern saat ini memiliki teknologi yang tinggi termasuk Peugeot. Proses pemasangan kaca film di lini produk Peugeot, ternyata dilakukan dengan sangat presisi.

Biasanya kesalahan memasang kaca film terletak pada penggunaan cairan kaca film yang masuk ke rongga-rongga pintu door trim ataupun dasbor. Petugas professional biasanya menggunakan perangkat standar pada sela-sela antara kaca dengan door trim dan dasbor.

pemasangan kaca film di Peugeot (dok Astra Peugeot)

pemasangan kaca film di Peugeot (dok Astra Peugeot)

Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan terjadi kerusakan pada komponen elektrikal dari kendaraan itu sendiri. Umumnya komponen elektrikal memiliki jalur yang tersambung dengan komponen lainnya, bisa memungkinkan akan mengalami kerusakan yang cukup fatal pada kendaraan listrik.

Selain itu, akan terjadi gelembung udara yang terjebak pada kaca film. Jika hal ini terjadi maka akan mengurangi umur pakai dari kaca film tersebut.

Proses memasang kaca film tidak bisa dipasang sendiri, karena membutuhkan sentuhan ahlinya. Artinya kalau dari awal pemasangannya itu tidak tepat, pasti umur kaca filmnya tidak akan awet.

Dari segi perawatan kaca film, sebaiknya menghindari mobil yang terparkir terpapar sinar matahari dalam periode yang lama. Hal ini akan membuat lem kaca filmnya lebih cepet korosi. Selain itu, biasanya kerusakan kaca film terjadi dari faktor alam.

Baca Juga : IIMS 2024 Kedatangan Banyak Brand Baru

“Pemasangan kaca film harus dilakukan oleh seorang yang sudah ahlinya, sehingga kaca film akan awet dan tidak merusak komponen dari kendaraan kita.” tutur Aidil FB Swastomo selaku Aftersales Service Dept Head Astra Peugeot.

Berita Terkait