MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Ini Produk yang Kena Recall Toyota di Tahun 2024, Cek Mobil Kalian!

MediaOTO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan recall atau program pemanggilan kembali bagi ribuan mobil untuk sejumlah model yang beredar di indonesia. Recall Toyota di tahun 2024 ini berlaku untuk lima model sekaligus.

Well.. Jadi bagi Sahabat MediaOTO yang menggunakan lima model Toyota berikut ini, wajib untuk membawa kendaraannya ke bengkel resmi. Agar segera mendapatkan penanganan alias perbaikan.

Adapun recall Toyota di tahun ini terkait kendala pada Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A) untuk 1 jenis mobil, Perbaikan Front Door Side Impact Beam untuk 3 jenis mobil dan kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut untuk empat jenis mobil.

Seperti dijelaskan Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT TAM, kampanye recall ini tak ada kaitannya dengan kasus homologasi atau proses sertifikasi yang terjadi di prinsipal Jepang belum lama alias suatu yang berbeda. Langkah ini recall ini sebagai bentuk tanggung jawab Toyota terhadap konsumen.

"Program recall ini merupakan wujud komitmen Toyota untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan," jelas Henry dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (13/2/2024).

Henry menambahkan, "Dengan segala kerendahan hati, kami mengimbau kepada pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apa pun".

recall toyota 2024

Sebagai informasi, recall Toyota di tahun ini merupakan untuk yang kesekian kali dilakukan. Setelah sebelumnya TAM melakukan recall terakhir pada akhir Januari 2023 lalu.

Kala itu, Toyota Indonesia melakukan recall pada mobil listrik BEV mereka, yakni bZ4X yang diproduksi pada Maret 2022 hingga Juni 2023. Recall itu dilakukan lantaran ditemukan masalah reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan tampilan seluruh informasi penting kendaraan pada Combination Meter.

Memasuki Juni 2023, Toyota Astra Motor kembali mengumumkan recall pada Veloz, Avanza, dan Raize yang diproduksi pada Desember 2022 hingga Januari 2023 yang jumlahnya ribuan unit. Tujuannya untuk mengecek dan atau mengganti ECU Airbag di dealer resmi Toyota.

Alasan recall Toyota Veloz, Avanza, dan Raize, lantaran untuk model yang diproduksi pada Desember 2022 hingga Januari 2023 di indikasi adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag, yang menyebabkan adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Untuk diketahui, recall Toyota di awal tahun 2024 ini terjadi pada model sebagai berikut:

Pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A)

  1. Toyota Sienta untuk produksi Juni 2016 - April 2020

Perbaikan Front Door Side Impact Beam

  1. Toyota Avanza tahun produksi November 2022

  2. Toyota Veloz tahun produksi November 2022

Kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut

  1. Toyota Veloz tahun produksi Oktober 2021 - Agustus 2023,

  2. Toyota Avanza tahun produksi November 2021 - September 2023,

  3. Toyota Vios tahun produksi Juni 2022 - Agustus 2023, dan

  4. Toyota Yaris Cross tahun produksi Mei - September 2023

Berita Terkait