MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Daftar Para Peserta GIICOMVEC 2024, Ada Pabrikan Truk Baru!

MediaOTO, Jakarta - Pameran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 akan digelar pada 7-10 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Melalui penyelenggaraan GIICOMVEC 2024, Gabungan Industri kendaraan kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selaku penyelenggara mengklaim bahwa event ini diharapkan mampu meningkatkan geliat perekonomian Indonesia dan memanfaatkan iklim sektor investasi jadi lebih baik.

Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo menerangkan, pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat serta iklim investasi yang semakin kondusif. Harus dimanfaatkan betul oleh para pelaku industri di Indonesia.

Salah satu faktor vital dalam membangun bisnis, tentu tak lepas dari alat dan sarana transportasi yang efektif untuk menunjang bisnis.

“Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, untuk itu kami sangat mengapresiasi Pemerintah RI,” jelas Nangoi ketika ditemui di Jakarta, Rabu (7/2/2023).

Ia pun menerangkan, "Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antar daerah dan oleh karena itu kegiatan usaha makin terbuka luas mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan dan lainnya".

"Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan," ujarnya.

Sejalan dengan pembangunan infrastruktur jalan yang terus meningkat. Pemerintah RI pun turut membangun dan juga melengkapi berbagai infrastruktur sarana dan prasarana transportasi massal, yang tentunya membutukan produk serta teknologi terbaru dari kendaraan komersial.

giicomvec 2024

“GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri,” imbuh Nangoi.

Diharapkan ajang GIICOMVEC 2024 dapat menjadi wadah positif untuk menunjukkan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Melalui ajang ini juga, harapannya mampu meningkatkan angka ekspor di tahun 2024, dan dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.

“Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit. Di mana 8,18% nya adalah ekspor kendaraan komersial, kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya. Salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif lewat penyelenggaraan pameran GIICOMVEC,” pungkasnya.

Selama tiga hari pertama pameran (7-9 Maret 2024), event ini hanya dikhususkan untuk para pelaku bisnis. Sedangkan di tanggal 10 Maret 2024, GIICOMVEC 2024 baru bisa dikunjungi publik yang ingin berkunjung ke area pameran.

Sekadar informasi, GIICOMVEC 2024 turut diikuti oleh sejumlah pabrikan kendaraan komersial, mulai dari Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors sampai Scania. Ada pula pabrikan lainnya, seperti Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR dan Wuling. Para industri pendukung kendaraan komersial, dan juga industri karoseri dipastikan turut serta selama pameran berlangsung.

Berita Terkait