MEDIAOTO | 3 bulan yang lalu

Chery Omoda E5 Didukung Baterai LFP, Apa Saja Keunggulannya?

MediaOTO, Jakarta - Chery Omoda E5 dipastikan bakal mengaspal pada 5 Februari 2024 mendatang. Menariknya, produk ini sudah didukung baterai Lithium Ferrous Phosphate (LFP).

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir penggunaan baterai LFP kerap jadi perbincangan para pecinta otomotif di Indonesia. Baterai itu diklaim memiliki ketahanan yang lebih lama dan juga aman bagi para penggunanya.

Penggunaan baterai LFP di Chery Omoda E5 sendiri bukan tanpa alasan, lantaran PT Chery Sales Indonesia (CSI) menilai bahwa baterai LFP paling pas digunakan untuk menunjang lini produk kendaraan elektrik mereka.

“Baterai LFP memiliki bahan katoda terbuat dari besi fosfat, yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Baterai ini juga lebih aman, karena tahan panas dan tidak mudah meledak,” jelas Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Departemen PT Chery Sales Indonesia.

Tak sebatas itu saja, baterai LFP juga tahan terhadap tusukan benda tajam dan lebih stabil, jika terkena suhu panas. Pabrikan mengklaim baterai LFP Chery Omoda E5 juga aman, saat melewati banjir hingga ketinggian 45 cm saat musim hujan.

Baterai LFP yang tersemat di Chery Omoda E5

Baterai LFP yang tersemat di Chery Omoda E5 (dok CSI)

Mobil Chery Omoda E5 memiliki ground clearance 190 mm dan pelat baja yang kuat untuk melindungi baterai dari benturan keras. Kapasitas baterai crossover ramah lingkungan ini sebesar 61 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 430 km dengan metode WLTP (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure) dan 505 km dengan metode NEDC (New European Driving Cycle) dalam satu kali pengisian daya penuh.

Mobil listrik ini juga dilengkapi fitur Fast Charging yang dapat mengisi daya baterai dari 30% hingga 80% hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit. Kelebihan baterai LFP, antara lain pelepasan panas yang lambat, produksi panas yang rendah, suhu awal tinggi untuk reaksi eksotermik, dan kemampuan untuk tidak melepaskan oksigen saat rusak.

Dengan seluruh kelebihan yang ditawarkan oleh baterai LFP Chery Omoda E5, diharapkan mampu meningkatkan rasa aman dan nyaman, serta menawarkan efisiensi lebih baik dan juga tahan lama.

Oh ya.. Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Chery Omoda E5 secara global. Omoda E5 tidak hanya menawarkan performa yang unggul, tetapi juga mendukung perubahan positif menuju mobilitas berkelanjutan di Tanah Air.

Berita Terkait