MEDIAOTO | 2 bulan yang lalu

BYD Gandeng PLN Sediakan Home Charging Untuk Konsumen di Indonesia

MediaOTO, Jakarta - Sebagai bagian dari penetrasi pasar mobil listrik di Indonesia, BYD Motor Indonesia langsung 'tancap gas'. Dengan menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menyediakan layanan home charging atau pengisian daya di rumah, bagi para konsumen BYD di Tanah Air.

Menandai kerja sama antara BYD dan PLN, direalisasikan melalui nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Jakarta.

Melalui kerja sama antara kedua belah pihak, nantinya PLN akan menyediakan paket layanan pemasangan perangkat home charging bagi setiap konsumen mobil listrik BYD. Harapannya melalui kerja sama ini, semakin memudahkan konsumen dalam kepemilikan kendaraan elektrik.

Pada pelaksanaannya, dealer BYD bakal menjadi 'jembatan' antara konsumen dengan PLN terkait mekanisme dan prosedur pemasangan home charging bagi setiap konsumen. Adapun home charging yang nantinya tersedia untuk konsumen, berupa penyambungan daya baru yang terpisah dari instalasi rumah.

Di mana daya listrik itu akan tersambung dengan platform daring khusus layanan pelanggan kendaraan listrik. Hasil pengembangan PLN, yakni Electric Vehicle Digital Services (EVDS).

"Pemerintah memberikan kami tugas untuk mengembangkan ekosistem ramah lingkungan, dan inilah yang membuat PLN terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat untuk indonesia yang lebih hijau dan lebih baik,” jelas Tonny Bellamy, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero).

Tonny menambahkan, "Saat ini PLN telah memiliki lebih dari 1.000 charging station yang tersebar di 800 lokasi. PLN berharap transisi energi ini menjadikan generasi masa depan menjadi lebih baik, salah satunya dengan Program Ekosistem EV".

Kerja sama BYD dan PLN

Sementara menurut Eagle Zhao selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, kerja sama ini merupakan komitmen terhadap ekspansi global BYD di Indonesia. Perusahaan tersebut memperluas kerja sama dengan mitra lokal. "Indonesia merupakan pasar yang besar dan strategis," ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini BYD menawarkan tiga lini produk terbaik mereka, yakni BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal. Ketiga harga mobil itu ditawarkan mulai Rp 425 juta hingga Rp 719 juta.

Baca Juga : bocoran-harga-byd-seal-dolphin-dan-atto-3-di-indonesia-mulai-rp-350-jutaan

Sebagai pemain besar di industri kendaraan listrik dunia, BYD sudah berhasil menjual sebanyak lebih dari 3 juta unit kendaraan. Rekor tertinggi di dunia untuk penjualan kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV).

Berita Terkait