MEDIAOTO | 1 bulan yang lalu

Bank BTPN Resmi 'Caplok' Saham OTO Group untuk Pengembangan Bisnis di Sektor Otomotif

MediaOTO, Jakarta - PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) resmi mengumumkan akuisisi terhadap dua perusahaan pembiayaan yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) atau yang dikenal dengan OTO Group, perusahaan penyedia solusi keuangan khususnya untuk pembiayaan otomotif banyak masyarakat di Indonesia.

Bergabungnya Bank BTPN sebagai pemegang saham baru merupakan sebuah langkah positif, agar OTO Group dapat terus menghadirkan produk dan layanan pembiayaan yang semakin komprehensif dan semakin relevan bagi masyarakat.

“Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas. Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami,” ungkap Henoch Munandar, Direktur Utama PT Bank BTPN Tbk.

Setelah penyelesaian akuisisi itu, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF terbagi dalam Bank BTPN sebesar 51%, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation sebesar 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 15%.

Integrasi OTO Group ke jaringan Bank BTPN diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah. Sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua.

Victoria Rusna selaku Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group menyampaikan, “Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia, dimana sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan.”

Adapun kolaborasi Bank BTPN dan OTO Group akan mencakup beberapa lingkup, di antaranya pembiayaan bersama (joint financing), perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama.

Baca juga : Kiprah 10 Tahun Neta Sebagai Start-Up Otomotif Dunia

Kolaborasi antara Bank BTPN dan OTO Group juga diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia.

“Dengan basis pelanggan yang tersebar luas, pemanfaatan infrastruktur dan jaringan distribusi dari kedua perusahaan, Bank BTPN dapat meningkatkan penetrasi pasar di segmen-segmen yang sebelumnya belum terjangkau,” imbuh Henoch.

Ia pun menerangkan, "Kami percaya bahwa dengan potensi pasar yang ada serta fokus pada pelayanan berkualitas yang mengedepankan prinsip customer-first, maka Bank BTPN bersama dengan OTO Group dapat memperkuat kepercayaan nasabah dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan".

Berita Terkait