MEDIAOTO | 2 bulan yang lalu

3 Cara Memperpanjang Usia Kendaraan Dengan Pemilihan Oli Tepat

MediaOTO, Jakarta - Perlu kita sadari bersama bahwa oli mesin merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga performa dan umur panjang dari sebuah mesin kendaraan.

Fungsi utamanya adalah melumasi, melindungi dan juga mendinginkan bagian-bagian dalam mesin dari gesekan dan keausan yang berlebihan. Mudahnya kita dapat analogikan oli mesin seperti darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Jika aliran darah lancar maka jantung akan bekerja dengan baik. Hal ini menunjukkan bagaimana pentingnya fungsi oli alias pelumas bagi mesin kendaraan Anda. Alhasil, memilih pelumas yang benar dan tepat jadi jawabannya.

Namun, seringkali kita menjumpai para pemilik kendaraan acuh terhadap oli kendaraannya, Salah satu penyebabnya adalah minimnya pengetahuan mengenai oli dan fungsinya.

Sangat dipahami bahwa oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe hingga harga, mulai dari yang murah sampai mahal. Sebagai pemilik mobil, jangan sampai salah memilih oli mesin karena bisa beresiko terhadap performa dan kesehatan mobil.

Nah.. Yang perlu kita pahami lebih lanjut dari Fungsi lain dari pelumas adalah menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, meredam getaran dan suara, berfungsi juga sebagai anti karat, mengurangi gesekan antar komponen, sehingga mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Dengan berbagai macam ragam fungsi ini, pengguna kendaraan harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih pelumas mesin kendaraan.

1. Melihat Buku Panduan Pada Kendaraan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merujuk pada buku manual kendaraan itu sendiri. Buku manual ini adalah panduan resmi dari produsen kendaraan dan biasanya mencantumkan rekomendasi jenis oli yang sebaiknya digunakan.

Informasi ini berharga karena produsen telah melakukan uji coba dan penelitian untuk menentukan oli yang paling cocok dengan mesin kendaraan mereka. Oleh karena itu, manual book menjadi panduan terbaik untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis kendaraan.

2. Perhatikan Kode Sertifikasi API dan SAE pada Kemasan Oli

Merawat mesin kendaraan dengan memilih oli yang tepat

Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis oli yang sesuai. Kode ini mengikuti standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE). Pada SAE Semakin tinggi angkanya, maka semakin kental tingkat viskositas olinya. Sebaliknya Jika angka semakin rendah, maka oli akan semakin encer.

Memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan merupakan salah satu cara untuk menghemat serta memperpanjang usia pakai kendaraan. Salah satu oli mesin dengan kualitas Jepang terbaik yang cocok digunakan untuk kendaraan pabrikan Jepang maupun Eropa adalah Eneos X Series yang memiliki 2 segmen, yakni Eneos X Prime, segmen pelumas premium dan Eneos X yang merupakan rangkaian produk unggulan Eneos.

Seluruh varian dari Eneos X Prime dan Eneos X menggunakan 100% fully synthetic base oil dan sertifikasi API SP yang merupakan standar kualitas API (American Petroleum Standard) terbaru.

Oli premium Eneos X Prime mengutamakan kepuasaan dan kenyamanan berkendara dengan meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32% dalam kondisi kecepatan hingga 3,000 rpm. Cocok digunakan untuk mobil teknologi hybrid ataupun mesin turbo.

Sementara untuk varian produk unggulan Eneos X Series, dilengkapi dengan aditif spesial Titanium dan Molybdenum serta dikembangkan dengan riset khusus teknologi Jepang sehingga dapat memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan pada mesin dalam pola berkendara Stop n Go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition (LSPI). ENEOS X ditargetkan untuk jenis kendaraan bertipe middle High, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

Aditif Titanium meningkatkan perlindungan mesin dengan membentuk lapisan titanium pada permukaan komponen mesin hingga bagian terkecil, untuk mengurangi terjadinya gesekan guna memperpanjang umur mesin kendaraan.

Sementara, aditif Molybdenum membentuk lapisan film di semua permukaan yang mengalami gesekan guna memastikan komponen bekerja lebih lancar, menghindari kontak langsung antara permukaan logam sehingga melindungi mesin dari keausan.

3. Membeli Produk dari Toko dan Distributor Terpercaya

Selanjutnya, konsumen juga harus memastikan membeli oli dari outlet terpercaya guna terjamin keasliannya. Sebagai contoh, para konsumen membeli oli Eneos dapat ditemukan Bengkel rekanan Eneos dan juga website resmi Eneos.

Dengan menggunakan oli yang asli, memastikan kita mendapatkan kualitas dan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen adalah kunci untuk menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin kendaraan. Sebagai contoh, untuk oli Eneos dapat ditemukan Bengkel rekanan Eneos dan juga akun resmi Eneos di marketplace.

Berita Terkait